Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Coming Soon

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Unesa dikelola dan diawasi oleh LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) yang didirikan pada tanggal 16 Agustus 2012 berdasarkan jumlah SK Rektor Unesa ini 310 / UN38 / HK / KL / 2012. Tugas Pokok LPPM adalah:

  • Melaksanakan pengelolaan dan pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan arahan kebijakan Rektor Unesa
  • Merencanakan dan mengarahkan penelitian untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai fungsi pengetahuan dan teknologi
  • Mengembangkan pelaksanaan KKN mahasiswa sebagai wahana pelatihan bagi mahasiswa dalam mengatasi masalah sosial
  • Mengembangkan kegiatan lain yang relevan

Sejak 30 November 2014, LPPM Unesa dinyatakan telah memenuhi persyaratan dalam penerapan manajemen ISO 9001: 2008 dalam “Manajemen Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ”dengan nomor sertifikat: 144410A. Sedangkan berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 21 / DIKTI / Kep / 2014 tentang Kinerja Riset Pendidikan Tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia periode 2010-2012, Unesa termasuk dalam Klaster Pendidikan Tinggi Utama.

Pelajari lebih lanjut tentang fasilitas penelitian kami di link berikut:

LPPM Unesa: https://unesa.ac.id/page/id/lppm/)

Program KKN

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisiplin, kelembagaan, dan kolaboratif. sebagai wujud mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sejalan dengan dinamika saat ini, baik di tingkat masyarakat lokal, pemerintah daerah, pemerintah pusat dan dunia global, KKN yang dilakukan oleh Unesa diharapkan dapat menjadi pengabdian masyarakat yang bertema pendidikan. Program pengabdian kepada masyarakat merupakan program yang harus dilaksanakan, baik oleh dosen maupun mahasiswa, berdasarkan prinsip: (1) kompetensi akademik, (2) kewirausahaan, dan (3) profesionalisme, guna menjamin terciptanya program pemberdayaan masyarakat yang ditandai dengan kualitas, relevansi, dan sinergi. Program pengabdian masyarakat tematik bertujuan untuk: (1) relevan dengan program pembangunan pemerintah daerah atau pusat, (2) relevan dengan kebutuhan masyarakat, dan (3) relevan dengan visi, misi, perencanaan strategis, keahlian, dan iptek yang dilaksanakan di Unesa. Program pengabdian masyarakat tematik ini sebagian besar didasarkan pada prinsip-prinsip pendidikan yaitu ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karso, dan tut wuri handayani (di depan memberi contoh, di tengah membangun kemauan, di belakang memberi dorongan), yang merupakan semboyan pendidikan nasional indonesia.

Visi dan Misi Program Pengabdian Masyarakat UNESA

  1. Menciptakan mahasiswa yang bertanggung jawab
  2. Menciptakan mahasiswa yang adaptif.
  3. Menciptakan siswa yang perhatian.
  4. Menciptakan siswa dengan kepribadian yang baik.
  5. Membantu memecahkan masalah di masyarakat dan lingkungan sosial.
  6. Belajar hidup mandiri sebagai intelektual yang bermartabat.

Pelajari lebih lanjut tentang komitmen kami untuk pengabdian masyarakat di link berikut:

KKN Unesa: https://kkn.unesa.ac.id/homepage

LPPM Unesa: https://unesa.ac.id/page/id/lppm/

Scroll to Top