Please ensure Javascript is enabled for purposes of website accessibility Aksesibilitas

Coming Soon

Selama hampir sepuluh tahun, Unesa telah dipercaya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjadi pionir dalam pengembangan sektor pendidikan khusus. Bekerja sama dengan Pendidikan Luar Biasa dan Layanan Khusus Direktorat Pendidikan Dasar, Unesa telah memberikan pelatihan, pendampingan, dan persiapan intensif bagi para guru sekolah luar biasa dan sekolah inklusif di Indonesia Timur. Selain itu, Unesa juga memberikan kesempatan belajar seluas-luasnya bagi calon mahasiswa difabel. Sejalan dengan hal tersebut, Unesa telah menyiapkan fasilitas untuk menunjang para siswanya yang difabel, seperti ramp di setiap gedung di Unesa. Berdasarkan data terakhir tahun 2015, saat ini terdapat 24 mahasiswa difabel di beberapa fakultas di Unesa.

Atas dedikasinya tersebut, pada tanggal 2 September 2012, Unesa mendapatkan penghargaan Inclusive Award as an Inclusive Campus dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Atas dasar semangat mengembangkan lingkungan kampus yang inklusif dan memberikan layanan khusus bagi mahasiswa difabel, Unesa mendirikan Pusat Studi dan Layanan Penyandang Disabilitas (PSLPD Unesa) pada 12 Desember 2013 yang diprakarsai oleh Dr. Sujarwanto, M.Pd. yang saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kemitraan. Kiprah Unesa di bidang disabilitas tidak hanya ditunjukkan melalui kegiatan regional, nasional, bahkan internasional, tetapi juga konsistensi dalam mewujudkan visi utama untuk dapat mensejahterakan penyandang disabilitas di Unesa melalui kegiatan bantuan akademik / non akademik dan kegiatan advokasi. .

Saat ini Unesa memiliki 90 mahasiswa relawan dari berbagai fakultas di PSLD, meski saat ini relawan masih didominasi mahasiswa dari Fakultas Ilmu Pendidikan. PSLPD Unesa didukung oleh beberapa tenaga ahli dan berbagai peralatan khusus seperti scan reader, JAWS, komputer, dan peralatan khusus lainnya untuk pengembangan kompetensi relawan dan memiliki kantor sendiri. Sekretariat PSLPD Unesa bertempat di Gedung Pusat Layanan Autisme (PLA) kampus Unesa Lidah Wetan, Surabaya.

Pelajari lebih lanjut tentang komitmen kami dalam aksesibilitas di tautan berikut: http://psld.unesa.ac.id/

Scroll to Top