![](/images/foto-14-07-2021-09-46-17-7732.png)
www.unesa.ac.id
Unesa.ac.id, Surabaya-Jajaran UPT Humas UNESA mengikuti acara Humas Gathering yang diadakan Direktorat Pembinaan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (DPPKBLU), Kementerian Keuangan Republik Indonesia pada Selasa (13/7/2021). Selain UNESA, acara dihelat secara virtual itu juga dihadiri perwakilan humas dari 250 perguruan tinggi dan lembaga se-Indonesia.
Dengan tema “BLU Berstrategi Pulihkan Ekonomi”, acara tersebut bertujuan untuk mewujudkan keselarasan publikasi, sehingga identitas BLU dan pelayanan yang diberikan lebih mudah dikenali masyarakat. Kemudian untuk membangun sinergi komunikasi dan publikasi informasi antar BLU. Selain itu untuk mendorong efektivitas publikasi, meningkatkan kapabilitas SDM di bidang kehumasan, serta mendorong engagement kehumasan antar BLU.
Direktur PPKBLU Ari Wahyuni, SH., M.P.H mula-mula menyampaikan hasil survei internal PPKBLU. Selama 16 tahun BLU melayani masyarakat, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa BLU merupakan representasi pemerintah dalam memberikan layanan kepada masyarakat. “Karena hanya sekitar 53 persen masyarakat yang mendengar tentang BLU, hanya 45 persen yang mengetahui apa itu BLU, dan 61 persen mengatakan belum pernah mendapatkan layanan BLU. Selain itu, banyak yang tidak tahu bahwa rumah sakit dan kampus yang mereka datangi, hingga pemberian bantuan beasiswa adalah lewat peran layanan BLU. “Mereka (masyarakat, red) gak ngeh,” tukasnya.
Karena itu, perlu ada peningkatan pemahaman BLU dan bentuk layanan yang diberikan kepada masyarakat melalui peran penting kahumasan. Saat ini kehumasan memiliki berbagai media komunikasi dan publikasi, tetapi komunikasi masih dilakukan sendiri-sendiri dan belum terintegrasi dan belum bersinergi. “BLU adalah agen pemerintah yang menjalankan peran strategis dalam percepatan pelayanan publik sekaligus merepresentasikan wajah pemerintah,” jelasnya.
Saat ini, tambahnya, BLU terus berkembang dan jumlahnya mencapai 250 BLU dengan pengelolaan aset senilai lebih dari Rp 1.000 triliun. BLU diharapkan terus tumbuh dan adaptif dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat dalam situasi pandemi. Di rumpun kesehatan, sekitar 105 BLU tengah berjuang dan menjadi garda depan menghadapi pandemi. Ada 105 BLU pendidikan yang berperan meningkatkan pelayanan pendidikan dengan bantuan teknologi dan terus mendukung peningkatan layanan kesehatan. Selain itu ada sekitar 40 BLU rumpun lain yang terus bergerak untuk mendukung percepatan layanan publik dalam situasi sulit saat ini.
Menurut alumni Carnegie Mellon University, Amerika Serikat itu, tren komunikasi pemerintah era digital, tidak melulu mengandalkan laporan dan press release, bahkan, itu sudah bukan lagi pilihan utama, karena masyarakat cenderung tertarik menyukai yang menarik dan nilai tambah serta yang mudah diakses. Sudah waktunya BLU diperkenalkan kepada masyarakat lewat strategi komunikasi sehingga BLU menjadi agen pemerintah yang baik dalam mengoptimalkan pelayanan publik.
Salah satu strategi yang dimaksud yakni membuat branding dan values BLU, juga ada program BLU bersinergi dengan media masa dan media digital. Selain itu ada program podcast, sinergi media sosial BLU, dan akan ada BLU Expo yang akan digelar secara virtual. “Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pasar yang mempertemukan BLU dengan stakeholdersnya,” tandasnya.
Hal ini, tentu membutuhkan peran penting kehumasan. Dia berharap humas dapat bersinergi dalam meningkatkan media komunikasi dan publikasi BLU. Karena itu, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk (1) memberikan kesempatan bagi kehumasan untuk saling memahami kekuatan media sosial di era digital, (2) membuat konten kreatif mempublikasikan dan melakukan analisis efektif penyampaian informasi, (3) memperkuat brand image melalui media sosial, (4) mengelola media sosial sebagai bagian dari bisnis BLU, (5) menjadi ajang saling mengenali admin media sosial BLU, dan (6) memperkuat engagement antar para pengelola media sosial BLU, serta (7) memperkuat komitmen untuk terus melakukan sinergi komunikasi untuk optimalisasi layanan BLU. (Humas Unesa)
Share It On: